Blogger Jateng

Gubernur Bali Tolak Israel di ANOC World Beach Games, RG: Perintah Tersamar untuk Melawan Jokowi - Gelora News








1news.web.id  - Belum selesai perbincangan dan komentar warga yang menyudutkan Gubernur Bali atas aksinya menolak timnas sepakbola Israel dalam gelaran Piala Dunia U20 beberapa pekan yang lalu, kini I Wayan Koster lagi-lagi menolak kontingen Israel dalam ajang ANOC World Beach Game.



Rencananya event itu akan digelar pada 4-12 Agustus 2023 di Bali. I Wayan Koster menyampaikan penolakannya pada Kamis (6/42023) pagi, usai pelatakan batu pertama di Kabupaten Klungkung, Bali.



Menurut I Wayan Koster, keputusannya itu didasarkan pada amanat konstitusi dan Peraturan Menteri Luar Negeri. Setidaknya memuat tentang dua hal, yakni kemerdekaan adalah hak segala bangsa dan tidak adanya hubungan diplomatik antara Indonesia dengan Israel.



I Wayan menolak Israel dalam ajang ANOC World Beach Games tanpa sepengatahuan Jokowi. Menurut ahli filsafat sekaligus pengamat politik-pemerintahan, Rocky Gerung, langkah dan sikap I wayan Koster ini sungguh nekat.



“ini benar-benar nekat ini, tentu (I Wayan Koster melakukan penolakan itu) atas nasehat dan perintah tersamar dari Ibu Mega untuk melawan Jokowi,” ucap Rocky dalam YouTube Rocky Gerung Official (7/4/2023) saat berbincang bersama jurnalis senior, Hersubeno Arief.



Menurut Rocky, event ANOC World Beach Games yang akan digelar Agustus mendatang tentu akan dihadiri oleh turis mancanagara. Sebab itu lah yang diinginkan Jokowi untuk meninggalkan legacy (warisan/jejak) di sektor pariwisata.



Dalam pandangan Rocky, I Wayan Koster justru pasang badan untuk PDIP, Gubernur Bali itu menjadi petugas andalan PDIP untuk menantang Jokowi.



Sehingga semakin meunujukan jika PDIP semakin lama semakin bermusuhan dengan PDIP. Rocky menilai, hal itu sebagai bukti bahwa Jokowi tidak mempu membujuk PDIP dan tidak mampu memberi rasa nyaman dalam politik.



Berbeda dengan Hersubeno Arief, ia berpendangan bahwa aksi penolakan Israel dalam ajang ANOC World Beach Games ini adalah suatu langkah untuk menunjukan konsistensi sikap Gubernur Bali dan PDIP.



“Saya kira kan rasanya lucu kalau kemudian PDIP tidak konsisten, itu akan berbahaya juga buat PDIP. Karena dia menolak timnas Israel di Piala Dunia tapi menerima di World Beach Games ini. Tentu orang akan melihat ‘ah, ini hanya gimmick’. Berarti PDIP tidak konsisten dengan ajaran Bung Karno,” kata Hersubeno Arief. 



Sumber: suara


Posting Komentar untuk "Gubernur Bali Tolak Israel di ANOC World Beach Games, RG: Perintah Tersamar untuk Melawan Jokowi - Gelora News"